Entri Populer

Senin, 12 September 2011

Penyakit pada sistem reproduksi

Sistem reproduksi manusia dapat terkena penyakit infeksi oleh bakteri  atau virus yang pada umumnya ditularkan oleh hubungan seksual. Penyakit menular seksual (PMS) disebut juga penyakit kelamin contoh-contoh PMS adalah sebagai berikut.
1. sifilis
     penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidium, gejalanya adalah luka pada alat kelamin, rektum , lidah atau bibir tapi tidak sakit, pembengkakan pada kelenjar getah bening di paha, nyeri di tulang atau sendi, dan ruam di tubuh. penyakit ini dapat diobati dengan anti biotik jika cepat disembuhkan.
2. Gonorea (kencing nanah)
     Penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, gejalanya adalah keluarnya nanah dari saluran kelamin rasa panas serta sering kencing, bakteri ini dapat menyebar ke seluruh tubuh,menyebabkan nyeri sendi. Gonorea dapat mengakibatkan kemanulan. Gonorea dapat disembuhkan dengan antibiotik jika cepat cepat diobati
3.Herpes Genetalia
    Yaitu penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplek. gejalany adalah sakit atau gatal disekitar alat kelamindan timbul lepuhan berair atau luka terbuka
4. Kutil pada alat kelamin
     Distil tumbuh disebabkan oleh virus papilloma. gejalanya adalah kutil tumbuh disekitar alat kelamin, paha, anus dan saluran kemih.
5. AIDS
    AIDS belum ada obatnya dan kerap berakhir dengan kematian. Gejalanya adalah rasa lelah terus menerus, banyak berkeringat dingin dimalam hari, demam diatas 38 derajat celcius selama beberapa minggu, terus menerus sakit kepala dan diare kronisbatuk kering dan sesak napas, serta pembengkakan kelenjar limfe selama lebih dari tiga bulan.
HIV dapat ditularkan melalui jarum suntik yang tidak steril, transfusi darah, tapi lazimnya melalui hubungan seksual. pencegahanya yaitu dengan tidak melakukan hubungan seksual secra bebas.
                                                                                        
                                           sumber:  IPA SMP untuk kelas IX,  Sumarwan dkk





1 komentar: